'>
www.riyantocell.blogspot.com

Sabtu, 01 Desember 2012

TIPS MERAWAT BATERAI LAPTOP/NOTEBOOK

it's an information blog

mungkin sebagian orang bingung bagaimana cara merawat baterai laptop/netbook agar tidak mudah rusak ataupun tahan lama. Banyak orang yang memiliki masalah pada baterai yang mungkin cepat habis ataupun sudah tidak bisa digunakan lagi. Baterai mempunyai peranan sangat penting untuk  laptop/notebook bagi orang yang sering beraktifitas di luar ruangan/jauh dari sumber listrik, baterai merupakan alat yang sangat vital maka dari itu baterai laptop hendaklah dirawat dengan baik, bagi yang belum faham cara merawat batrai laptop/notebook berikut ini aku kasih sedikit tips cara merawat batrai Laptop/Notebook agar tidak mudah rusak dan tahan lama :

  1. Jika baterai masih baru/membeli Laptop baru penggunaan pertama kali usahakan isi/charge baterai secara optimal Sekitar 7 – 9 jam dengan kondisi Laptop dimatikan.
  2. Kurangi penggunaan device USB seperti  Flash Disk, Mouse, Keyboar Exsternal, Hard Disk Exsternal dan semua perangkat eksternal lainnya secara berlebihan, termasuk Wi-Fi. Hal ini akan cepat menguras daya baterai laptop anda. Jika device USB tidak terlalu di perlukan silahkan putuskan koneksinya untuk menghindari penggunaan terlalu banyak daya baterai.
  3. Jangan biasakan mencharge Batrai Laptop/Notebook dalam kondisi laptop dihidupkan/dipakai bekerja, tapi chargelah laptop dalam keadaan dimatikan supaya batrai terisi optimal dan untuk menjaga usia batrai agar tahan lama.  Jika terpaksa laptop harus hidup dalam kondisi batrai yang tidak memungkinkan lebih baik lepaskan batrai dan hidupkan laptop menggunakan charge tanpa dipasang batrai.
  4. Jangan membiarkan baterai benar-benar habis atau dayanya 0% karena dapat merusak baterai. chargelah baterai secara rutin hingga penuh, dan lakukan charge  jika kapasitas baterai telah mendekati 15% (hampir habis)
  5. Jika laptop sering di hidup dan dimatikan, sebaiknya gunakan mode sleep saja. Karena tenaga yang diperlukan pada saat laptop menyala itu lebih kecil dibandingkan waktu pertama menyalakan laptop.
  6. Seting kecerahan LCD Laptop di bawah 50% atau bisa langsung dengan menekan Fn + left button keyboard Hal ini bertujuan untuk menghemat daya baterai laptop supaya tidak cepat habis.
  7. Kurangi penggunaan multitasking/terlalu banyak membuka aplikasi sekaligus karena Multitasking dapat menguras daya baterai lebih cepat.
  8. Kurangi penggunaan aplikasi Video dan Audio berlebihan dan juga Kurangi volume speaker laptop atau matikan saja  jika tidak terlalu diperlukan.
  9. Selalu jaga suhu baterai agar tidak terlalu panas/ Usahakan menggunakan coolpad agar sirkulasi udara tetap lancar.
  10. Jangan biarkan laptop Anda menyalah terus menerus jika tidak digunakan lebih baik dimatikan.
Tips diatas  yang dapat dilakukan bagi pengguna laptop/notebook  dalam rangka menghemat dan menambah umur baterai laptop.  Tetapi jika baterai anda memang sudah benar-benar tidak berfungsi sebagaimana mestinya, saatnya untuk menggantinya dengan yang baru.

Semoga bermanfaat…...............!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar